Kuliah Peneleh Etika-Pancasila Religius dalam Belajar

Kuliah Peneleh Etika-Pancasila Religius dalam Belajar

rumahpeneleh.or.id, Malang- Belajar M-URuP (belajar menerangi) merupakan salah satu program pendidikan yang dijalankan oleh Yayasan Peneleh Jang Oetama (YPJO). Pembelajaran akan dimulai bulan Juni dengan sistem daring.

Sambil menunggu pembelajaran aktif, YPJO membuka kelas kajian online menjelang pembukaan belajar M-URuP. Bersama Dr. Bambang Tutuko (Abdiguru m-URuP, Dosen Universitas Internasional Semen Indonesia), kali ini mengangkat tema “Etika-Pancasila Religius dalam Belajar”. 

Dahulu, hubungan siswa dan guru adalah hubungan sakral, bukan fungsional.  Dengan “industrialisasi pendidikan”, tekanan lulus tepat waktu, pembayaran SPP yang menempatkan siswa sebagai pihak yang dilayani, hubungan ini semakin pudar.

Agama mengajarkan bahwa menuntut ilmu membutuhkan adab atau perilaku moral tertentu.  Apakah ini masih relevan? Mari kita melakukan introspeksi tentang adab kita dalam belajar-mengajar baik siswa maupun guru, dan kita akan melihat bagaimana sebenarnya ideologi negara kita Pancasila yang bertumpu pada ketuhanan (pada sila 1) atau religiositas memberikan panduan agar apa yang kita pelajari memiliki keberkahan.

Peserta akan mendapat sertifikat setelah menyelesaikan penugasan dari abdiguru. Ikuti serangkaian Kuliah Peneleh menjelang pembukaan Belajar M-URuP (www.urup.or.id).

Daftarkan diri di http://bit.ly/Admin-peneleh

/ Agenda

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish