IKUTI PENELEH ONLINE INTERNATIONAL GUEST LECTURE SERIES

kuliah online-02

IKUTI PENELEH ONLINE INTERNATIONAL GUEST LECTURE SERIES

Covid 19 yang menjadi pandemi menunjukkan bahwa korban terbesar bergeser dari Cina ke AS dan Eropa. Bisa jadi sedang kita saksikan keruntuhan kesombongan Peradaban Barat vis a vis Jalur Sutra Baru.

Tesis Harari dalam Homo Deus menjelaskan bahwa Kelaparan, Penyakit, dan Perang adalah 3 hal yang tidak lagi ditakuti orang modern karena sains dan teknologi… dan … Manusia mulai meninggalkan agama.
Sains dan teknologi Barat dan semua karakter peradaban Barat yaitu WEIRD (Western, Educated, Industrialized, Rich, Democratic) SOCIETIES diklaim menyelesaikan masalah dunia. Harari lebih lanjut menantang pemikiran berbasis WEIRD ini dan mengusulkan TECHNO HUMANISM, bukan untuk menyelesaikan 3 masalah tsb, tetapi untuk menyelesaikan masalah kematian melalui ARTIFICIAL TECHNOLOGY dan BIOTECHNOLOGY . Ini adalah upaya rekayasa kehidupan melalui materialisasi algoritma lanjut.

Covid 19 mungkin merupakan keliaran manusia melalui model perang baru, perang biologis atau merupakan bukti kegagalan rekayasa kehidupan atau bioteknologi.

Realitasnya, manusia tetap membutuhkan Tuhan saat covid 19 menyerang. Doa, ritual dan shalawat massal digaungkan di mana-mana. Lockdown menyadarkan kita bahwa Manusia tetap membutuhkan relasi fisik-sosial, walau media komunikasi online tersedia.
Saat jeda ini harus kita gunakan untuk memetakan ke mana arah peradaban akan bergerak. Yang jelas, bukan menuju WEIRD Society, atau bahkan Techno-Humanisme yang kini sedang tumbang bersama.
Kita perlu kembali ke nilai-nilai kebudayaan dan agama yang terelasi secara global.

Untuk itulah International Guest Lecture Series menghadirkan dosen tamu dari berbagai belahan dunia: Yunani, Nepal, Rusia-Oman, Malaysia, Indonesia.
Kuliah tamu (15.30-17.00 WIB):

11 April 2020- Dr. Yogi Simhanath (Nepal), PhD di bidang hankam dari Tribhuvan University Kathmandu, dengan tema “National Defence in the midst of Global Pandemic”

13 April 2020- Prof. Gatot Dwi Hendro Wibowo (Indonesia), Phd di bidang Hukum dari Universitas Airlangga, dosen Universitas Mataram, dengan tema “How Covid 19 impacted Politics, Social, Culture, and National Defence”

15 April 2020- Prof Evangelos Afendras (Greece), PhD di bidang Interdisciplinary in the Humanity Lingusitics dari John Hopkins University, Peneleh Ambassador for Greece, dengan tema “Crisis Communication Crisis during the Corona Pandemic”

17 April 2020- Dr.Victoriya Dauletova (Russia-Oman), PhD di bidang Linguistics dari Volgograd State Pedagogical University, Volgograd, Russia, Dosen Sutan Qaboos University Oman, dengan tema “Crisis Communication in the Time of Covid 19: Goverments, Press. and Citizens”

19 April 2020- Dr. Mohd. Shukri Hanapi (Malaysia) PhD dalam bidang Islamic Worldview & Epistemology, dosen USM Penang, dengan tema “Covid19 Disaster in Islamic Perpectives”

22 April 2020- Dr. Aji Dedi Mulawarman (Indonesia), PhD di bidang Ilmu Akuntansi dari Universitas Brawijaya, dosen UB, dengan tema “World Outlook after the Corona Pandemic”

Kontribusi: FREE, namun Peneleh membuka OPEN DONATION untuk menyediakan hand sanitizers gratis dan pembentukan security net fund atas dampak Covid19. Cukup satu kali registrasi untuk masuk ke semua kuliah tamu.

Donasi dapat ditransfer ke:
Yayasan Rumah Peneleh
BTN Syariah
No Rek. 7062100510
Kode Bank: 200

Fasiliitas

e-certificate tersedia untuk setiap kehadiran di setiap sesi

Subtitles dalam bahasa Indonesia tersedia
Ayo bergabung dan berikan donasi terbaikmu untuk melawan Covid 19 dan melawan kesombongan manusia atas kearifan kemanusiaan, kebudayaan, bahkan Tuhan.

Isi form registrasi: http://bit.ly/int-lecture
dan dapatkan link undangan kuliah daring Peneleh.

Peserta dari Malaysia, Rusia, Tanzania, Kanada, AS, dan banyak lainnya saja sudah mendaftar, Apa lagi yang Anda tunggu?

/ Agenda

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish