Aktivis Peneleh IX Sepakati Projek Sekolah Tjokro Muda Peneleh

diksarnas ix

Aktivis Peneleh IX Sepakati Projek Sekolah Tjokro Muda Peneleh

Alhamdulillah, Pendidikan Dasar Nasional Aktivis Peneleh IX telah berlangsung dengan sukses. Aktivis dari berbagai latar belakang hadir mengikuti acara yang dimulai sejak Kamis, 23 Januari 2020 hingga Minggu, 26 Januari 2020.

Agenda ini diadakan di Pondok Bumi Al-Qur’an Wonosalam, Jombang. Luarbiasa kesan yang ditampilkan selama acara berlangsung, diskusi berjalan gayeng, dan semangat peserta untuk menyimak begitu kentara.

Tak cuman memperoleh tanda kelolosan, peserta diajak untuk menyusun kerangka konstruktif peradaban yang ideal berbasis nilai religiositas kebangsaan. Sebelum sampai pada tahap ini, peserta diajak untuk mengenali dan membangun konsep diri.

Setelah mengetahui konsep diri, peserta dianggap siap untuk menerima materi lanjutan, yaitu eksisting peradaban. Dalam materi ini, peserta diajak melihat “dunia saat ini”. Kemudian, tahap yang sangat penting, peserta diberi materi Kepenelehan. Dalam materi ini, peserta dikenalkan tentang jejak dan nilai perjuangan HOS Tjokroaminoto. Materi untuk berfungsi memperkuat jangkar idealisme aktivis.

Sebagai hasil dari konstruksi atas realitas eksisting yang dibahas selama Diksarnas, Aktivis Peneleh IX berhasil menyepakati proyek bersama yang dinamai dengan Sekolah Tjokro Muda Peneleh. Sekolah ini bertujuan untuk menyebarkan gagasan kebangsaan dan religiositas kepada adik-adik siswa sekolah menengah. Sekolah ini penting di tengah kondisi eksisting hari ini, di mana pemuda sudah mulai berjangkit penyakit tidak memahami nilai-nilai yang mengakar dalam ruang kebangsaan. Kondisi disebabkan oleh begitu masifnya pengaruh gagasan dan idealisme yang bersumber dari akar kebangsaan berbeda, misalnya Barat.

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish