Yayasan Rumah Peneleh Selenggarakan Pendidikan Dasar Nasional Aktivis Peneleh

IMG-20180422-WA0013

Yayasan Rumah Peneleh Selenggarakan Pendidikan Dasar Nasional Aktivis Peneleh

Rumahpeneleh.or.id, Makassar– Yayasan Rumah Peneleh menyelengarakan Pendidikan Dasar Nasional; Beasiswa dan Sekolah Aktivis Peneleh 5 (BSAP-5) di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Makassar. Program pengkaderan yang rutin dilaksanakan setiap satu semester ini berlangsung selama 4 hari dan 3 malam.

Ketua Pelaksana Diksarnas BSAP-5, Muhammad Zakaria, melaporkan bahwa peserta berasal dari 30 kampus swasta maupun negeri seluruh Indonesia.

“Meskipun peserta tidak mendapat biaya akomodasi menuju lokasi kegiatan, mereka tetap datang, ini luarbiasa. Memperlihatkan komitmen dan semangat teman-teman dengan mengorbankan uang yang tidak sedikit demi datang mengIkuti Diksarnas BSAP-5,” jelasnya.

Ahmad Fauzi, Kepala Sekolah Aktivis Peneleh, menyampaikan bahwa tujuan utama dari Diksarnas BSAP-5 ini adalah menanamkan nilai-nilai semangat Zelfbestuur atau kemandirian dan kedaulatan kepada Aktivis Peneleh, sebutan peserta yang dinyatakan lolos dan dikukuhkan.

“Zelfbestuur ini nilai ideologis aktivis, yang kemudian dinyatakan dalam bentuk aksi berpihak berorientasi keumatan. Setelah kembali ke kampus masing-masing, aktivis didorong untuk benar-benar menjadi solusi konstruktif negeri,” jelasnya Sabtu (21/04/2018) di lokasi kegiatan.

Selama 4 hari tersebut, peserta Diksarnas BSAP-5 mendapat materi mengenai sejarah pergerakan HOS Tjokroaminoto, guru ideologis Soekarno, realitas eksisting negeri, ideologisasi kepenulisan, pemetaan sosial, diskusi panel dengan pimpinan organisasi ekstra kampus se Sulawesi, dan diskusi konstruksi negeri.

/ Agenda

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *