Tentang Rumah Peneleh

Rumah Peneleh merupakan gerakan yang didedikasikan bagi penggodokan ide dan upaya-upaya perubahan sosial kebudayaan menuju peradaban nusantara yang berketuhanan, adil, makmur, dan sejahtera. Organisasi ini merujuk secara historis pada rumah HOS Tjokroaminoto, Raja Jawa Tanpa Mahkota, tokoh sentral Syarikat Islam (SI), di Jalan Peneleh Surabaya.

Di rumah tersebut berkumpul anak-anak muda dan tokoh-tokoh pergerakan, yang berdialektika dalam dialog keislaman dan kebangsaan dengan visi memerdekakan nusantara dari penjajahan dunia. Mereka diantaranya, H. Agoes Salim, Abdoel Moeis, K.H. Wahab Chasbullah, K.H. Ahmad Dahlan, K.H Mas Mansoer, A.M. Sangaji, Abikoesno Tjokrosoejoso, Soerjo Pranoto, Soekarno, RM. Kartosoewirjo, HAMKA, Semaoen, dan lain-lain.

Rumah Peneleh didirikan di Jakarta dan resmi berbadan hukum berdasarkan Akte Yayasan Rumah Peneleh Nomor 64, tanggal 26 Oktober 2015 (Notaris Fauzi Agus, S.H.) dan SK Menkumham Nomor AHU-0021449.AH.01.04 tanggal 6 November 2015. Sebagai gerakan sosial-budaya-kemasyarakatan, Rumah Peneleh secara terbuka mengundang pemeduli kebangsaan bergabung dalam kegiatan yang diadakan oleh Rumah Peneleh di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.