Siapkan Persatuan Umat Sambut Siklus 100 Tahun

gerakan_muslim_indonesia_raya_gemira_jatim_malang_aji_dedi_mulawarman_rumah_peneleh

Siapkan Persatuan Umat Sambut Siklus 100 Tahun

gerakan_muslim_indonesia_raya_gemira_jatim_malang_aji_dedi_mulawarman_rumah_peneleh

Rumahpeneleh.or.id, Malang – Dalam sambutannya pada Dialog Kebangsaan Nasionalisme Islam di Baiduri Sepah Ballroom Malang semalam (08/12), Aji Dedi serukan umat Islam untuk bersiap menyongsong siklus 100 tahunan, yang akan datang pada tahun 2024 mendatang.

Siklus 100 tahun yang diungkapkan Aji Dedi adalah siklus yang dialami oleh umat Islam tiap seratus tahun ke belakang, dimana selalu ada peristiwa besar di masa itu. 1824 di Nusantara mulai meletus perlawanan terhadap kolonial di Jawa dipimpin Pangeran Diponegoro, yang terkenal dengan peristiwa Perang Jawa. 1924 HOS Tjokroaminoto mengeluarkan adikaryanya, Islam dan Sosialisme, yang menjadi jawaban atas pemikiran dan pandangan beliau terhadap berbagai ideologi yang mulai masuk ke negeri ini. Dan tahun 2024? Indonesia akan menggelar pemilihan presiden, yang akan menentukan nasib negeri ini di masa datang.

Pada setiap perubahan akan selalu terjadi konsolidasi umat, di situ umat Islam sebagai kaum mayoritas di negeri ini harus mengedepankan semangat Persaudaraan Islam. Jangan sampai perbedaan di kalangan umat akan justru mengkerdilkan Islam itu sendiri.

Dialog Kebangsaan Nasionalisme Islam ini sendiri digelar oleh Gerakan Muslim Indonesia Raya (GEMIRA), dalam rangka Pelantikan Pengurus Daerah GEMIRA Jawa Timur. Ir. Didik Supriyanto, Ketua Pengurus Daerah GEMIRA Jawa Timur yang baru dilantik, dalam sambutannya mengharapkan GEMIRA ke depannya mampu menjadi titik temu antara kaum nasionalis dan agamis di wilayah Jawa Timur pada khususnya.[]

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish