Sekolah Ikhlas Ramadhan: Kajian Pra-Nikah Untuk Remaja

ustadz-ahmad-djalaluddin-uin-malang-kajian-nikah

Sekolah Ikhlas Ramadhan: Kajian Pra-Nikah Untuk Remaja

ustadz-ahmad-djalaluddin-uin-malang-kajian-nikah

RumahPeneleh.or.id, Malang – Kegiatan Sekolah Ikhlas Ramadhan tadi sore (20/06) diisi oleh Ust. Dr. Ahmad Djalaluddin tentang Kajian Pra-Nikah Untuk Remaja.

Dalam kajian yang dimulai ba’da Ashar di Sekretariat Rumah Peneleh tadi, pembicara yang akrab dipanggil Ustad Djalal ini menceritakan beberapa riwayat tentang nikah. Beberapa kisah umat terdahulu tentang serba-serbi pernikahan, terutama di zaman Nabi Muhammad SAW.

Ust. Djalal juga berbicara tentang “Fiqih Mencari Jodoh” dalam kajian tersebut.

“Menikah itu mencari istri/suami untuk diri sendiri atau untuk anak-anak?” tanya Ust. Djalal kepada peserta yang hadir.

Pertanyaan itu tentu untuk mengundang reaksi peserta kajian untuk ikut merenungkan bersama bagaimana harusnya sikap kita (remaja) dalam memilih jodoh.

Ust. Djalal kemudian meneruskan, “Nabi mengatakan memilih jodoh dengan berdasar agama, agar anak-anaknya tumbuh jadi anak yang baik.”

Bahkan dalam satu riwayat dijelaskan, “Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

Untuk itu Ust. Djalal menekankan agar kita tidak mengedepanan rasionalitas dan cara pandang duniawi terutama dalam memilih jodoh.

“Pilihlah berdasar agamanya, karena dari situ akan lahir keturunan yang baik,” pungkas Ust. Djalal yang juga dosen di UIN Maulana Malik Ibrahim ini.

Sekolah Ikhlas Ramadhan masih akan digelar hari Kamis 23 Juni nanti, mengambil tema “Perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia” dengan pembicara Ustdz. Dr. Asfi Manzilati dari Universitas Brawijaya.[]

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish