Hari Pertama Ramadhan, Kelas Pertama Sekolah Ikhlas Ramadhan

2016-06-06 16.26.51

Hari Pertama Ramadhan, Kelas Pertama Sekolah Ikhlas Ramadhan

2016-06-06 16.26.51

RumahPeneleh.or.id, Malang – Hari pertama bulan Ramadhan sekaligus mengawali Sekolah Ikhlas Ramadhan yang digelar oleh Yayasan Rumah Peneleh.

Tadi sore (06/06) agenda Sekolah Ikhlas Ramadhan diisi dengan tema Sehat Saat Ramadhan, hadir sebagai pembicara Ust. Samsul Afandi, M.Pd.I., akademisi sekaligus pengajar di Sekolah Islam Bani Hasyim, Singosari Malang.

Sebelumnya Ust. Samsul membuka materi dengan pengantar tentang apa itu puasa. Esensi puasa adalah menahan diri dari nafsu. Nafsu cenderung mendorong manusia ke arah keburukan, dan mengalahkan hati nurani.

Lebih lanjut, puasa adalah menahan diri dari semua yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat khusus, ibadah karena Allah SWT.

Ada beberapa pola makan yang diperhatikan selama beribadah puasa, antara lain berbuka setelah benar-benar sudah masuk waktu berbuka, takjil dengan yang manis, menyegerakan berbuka.

“Tidak dianjurkan meminum minuman yang dingin saat berbuka,” lanjutnya.

Selain itu dilarang berlebihan dalam berbuka, karena apapun yang berlebihan, terutama makan tidak disukai oleh kaidah Islam.

Selain itu ada banyak keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, doa orang berpuasa adalah mustajab, dilipatgandakannya amal ibadah, dan benteng dari kemaksiatan.

Pada hari Kamis, 9 Juni nanti tema Sekolah Ikhlas Ramadhan adalah Ust. Saiful Muslimin membahas lebih lanjut Keutamaan Ibadah di Bulan Puasa. Seperti biasa Sekolah Ikhlas Ramadhan dimulai 16:00 WIB (ba’da Ashar) dan terbuka untuk umum. Bertempat di Sekretariat Rumah Peneleh, Pondok Indah Estate B/11A Malang.

Puasa mengembalikan fitrah manusia, mari kita isi dengan beribadah karena Allah.[]

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish