Refleksi Peserta PYVC: Sebagai Mahasiswa, Saya Bersyukur dan Bersalah

refleksi copy

Refleksi Peserta PYVC: Sebagai Mahasiswa, Saya Bersyukur dan Bersalah

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Mengikuti acara Peneleh membuat saya bersyukur serta bersalah. Bersyukur karena kehidupan saya diberikan dengan penuh kemudahan, baik dalam akses pendidikan maupun lingkungan.

Bersalah karena baru sekarang tahu bahwa tidak usah jauh-jauh ke wilayah terluar, terdalam atau apapun untuk melihat perbedaan dengan hingar-bingar kota. Namun, bergeser sedikitlah ke wilayah kita sendiri yang kitapun belum begitu faham.

Bersalah karena beberapa tahun di perkuliahan, yang katanya mahasiswa agent of change, namun belum ada gebrakan perubahan, masih baru mengetahui. Mereka sebagai mahasiswa riweh dengan berbagai Proker (program kerja), ruangan ber-AC, pemateri kece, banyak ngeluhnya, kurang bersyukurnya.

Beberapa hari ini (selama mengikuti kegiatan Peneleh) cukup membuat dan muhasabah dan merangsang hati untuk berfikir “lalu bagaimana ini?” rangkaian Peneleh seakan memperkenalkan/ membuat kita mengenal dua hal sekaligus dari suatu desa; potensi plus masalah, dari potensi literasi, kekayaan alam, baik dalam wisata ataupun kesburan.

/ Essay, Opini

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish