Refleksi Peserta PYVC: Buku yang Hilang Adalah Buku yang Disimpan di Rak-rak Orang Pintar

refleksi copy

Refleksi Peserta PYVC: Buku yang Hilang Adalah Buku yang Disimpan di Rak-rak Orang Pintar

Yang saya dapat dari kegiatan Peneleh Youth Volunteer Camp ini banyak banget, Cuma yang saya ingat saat menulis ini memang tidak semuanya.

  1. Pelajaran dari pak Eko Cahyono, pendiri Perpustakaan Anak Bangsa, yang sangat mengispirasi dan memotivasi bahkan meyadarkan saya bahwa sebenarnya masalah minat baca di Indonesia, bukan karena rendahnya minat masyarakat untuk membaca, tetapi karena system administrasi dan peraturan yang rumit di perpus-perpus yang dikelola pemerintah. Sehingga orang menjadi males dengan system keamanannya.

Dan satu lagi paling saya ingat adalah bahwa tidak dia tidak kahwatir buku di perpus Anak Bangsa hilang/ dicuri anggotanya, karena baginya, buku yang hilang adalah buku yang disimpan di rak-rak orang pintar yang pelit.

  1. Pelajaran dari Aktivis Peneleh saat diskusi dan refleksi tadi malem, bahwa masalah utama dari semua permasalahan adalah di Indonesia memang nilai-nilai bangsa Indonesia yang sudah tergeser dengan nilia-nilai budaya luar dan solusi dari masalah itu adalah dengan menanamkan nilai-nilai bukan hanya lewat penddikan, tapi juga media masa.
/ Essay, Opini

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish