Rangkaian Agenda Relawan Riset Peneleh 6 di Sumenep

WhatsApp Image 2019-09-08 at 10.38.11

Rangkaian Agenda Relawan Riset Peneleh 6 di Sumenep

Sore hari tanggal 6 September 2018, Relawan Riset Peneleh 6 dibuka di Desa Aeng Panas, Sumenep. Acara yang dilaksanakan bersama dengan Universitas Wiraraja Sumenep ini dibuka oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Di antara tokoh yang hadir adalah Danranmil Pragaan, Kapolsek Prenduan, Satkorwil Jatim Bidang Instruktur Banser, Ketua Yayasan At Thohiriyah, dan PJ Kepala Desa Aeng Panas. Masing-masing tokoh tersebut berharap besar terhadap keberhasilan riset yang akan dilangsungkan selama 3 hari.

PJ Kades menyampaikan bahwa mengolah buah siwalan ini bukan saja sumber ekonomi warga desa, tetapi juga merupakan karakter budaya masyarakat. “Saya sangat bangga dengan kehadiran adik-adik peseta dari berbagai daerah. Karena sudah lama saya berdiskusi dengan tokoh untuk melakukan riset untuk pengembangan buah siwalan, tetapi hari ini saya kaget, ternyata ada lembaga yang peduli dengan buah siwalan dan melakukan riset.”

Sebagai informasi, peserta Relawan Riset Peneleh ke 6 ini dihadiri 40 mahasiwa dan dosen dari berbagai kampus di Jawa Timur. Peserta berasal dari berbagai latar belakang akademik untuk lebih memperkaya dan memperdalam perspektif riset.

Kemudian pada pagi 7 September 2019, peserta Relawan Riset Peneleh diberi bekal untuk kegiatan pelibatan diri dengan masyarakat dalam rangka melakukan riset.

Peserta diberi materi mengenai Participatory Rural Approach, FGD, Transect Walk, dan lain-lain metode penelitian kualitatif. Tujuan dari kegiatan pagi ini adalah peserta memahami bagaimana tindakan-tindakan yang tepat saat melakukan riset partisipatif.

Untuk melakukan riset tersebut, peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kelompok ini akan menyebar ke beberapa titik yang dinilai potensial sebagi sumber data riset.

Hasil riset inilah yang nantinya digunakan sebagai bahan diskusi lanjutan internal kelompok, seluruh peserta, dan dengan stake holder setempat yang memahami kondisi real aspek-aspek masyarakat.

Tanggal 8 September 2019, seluruh rangkaian kegiatan Relawan Riset Peneleh ke 6 di Desa Aeng Panas, Sumenep, telah berakhir. Akhir yang merupakan awal mula perjuangan baru dari seluruh hasil riset.

Proses pelibatan diri dalam riset selama 3 hari lalu menghasilkan data, semangat hijrah, dan rencana-rencana pelaksaan program berbasis data yang akan dilaksanakan bersama pemerintah desa setempat.

Seluruh pihak terkait dalam riset ini telah bersepakat untuk melaksanakan hasil riset, yaitu data yang menunjukkan bahwa desa ini memiliki segudang sumber daya dan potensi pendukung berupa visi misi yang terbangun dan dukungan pendanaan yang kuat. Sehingga semakin menguatkan kemungkinan keberhasilan mengkonkretkan paparan solusi dari seluruh kelompok relawan riset.

/ Agenda, Berita

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish