PYVC V Jelajahi Kekayaan Jejak Peradaban Gunung Lawu

WhatsApp Image 2018-11-19 at 09.30.36

PYVC V Jelajahi Kekayaan Jejak Peradaban Gunung Lawu

PYVC V, yang diadakan selama 3 hari (16-18 November 2018) mengajak relawan muda untuk menjelajah, melakukan studi, & membuat rencana program pengembangan berdasarkan hasil studi.

Kali ini, PYVC ke-Lima, dilakukan di surganya kaki Gunung Lawu , dimana peradaban besar nusantara pernah mencapai puncak tertingginya. Bahkan, lebih besar dan maju jika dibandingkan dengan bangsa & peradaban yang selama ini dikenal.

Di sisi lain, umumnya dipahami dan ditulis dalam sejarah bahwa peradaban nusantara ini tertinggal daripada peradaban bangsa lain. Sebenarnya, berdasarkan pengamatan Eyang Mur, salah satu yang faham bukti-bukti dari relief candi, justru peradaban nusantara dahulu jauh lebih besar dan kuat.

Banyak bangsa yang takluk terhadap bangsa nusantara. Relief-relief candi membuktikan itu, terutama pada salah satu arca yang dipercaya bukan merupakan ras bangsa nusantara, sedang dalam posisi memberi hormat kepada raja/ tokoh di peradaban nusantara dahulu kala.

Inilah yang jarang diketahui. Oleh karenanya, program pengembangan akan fokus dalam hal ini melalui penulisan sejarah alternatif. Ini peting untuk menguatkan jangkar budaya pada bangsa, terutama pemuda, agar punya akar kebangsaan yang kuat, sehingga percaya diri untuk menjadi lebih mandiri dan berdaya.

#Pyvc5 #PYVCv #Zelfbestuur #Aksi

/ Agenda, Essay

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish