Perteguh Nilai Religius Generasi Muda, Rumah Peneleh & CSPC Gelar Dialog Kebangsaan

17820484_120300002966447000_1945310019_o

Perteguh Nilai Religius Generasi Muda, Rumah Peneleh & CSPC Gelar Dialog Kebangsaan

RumahPeneleh.or.id, Cirebon – Bertempat di Gedung ICC IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jl. Perjuangan Sunyaragi Kota Cirebon, Yayasan Rumah Peneleh dan CSPC menggelar Dialog Kebangsaan, Rabu pagi (05/04).

Sejumlah tokoh yang mengisi materi dalam kegiatan diskusi tersebut, antara lain Dr. A. Dedi Mulawarman, Ketua Yayasan Rumah Peneleh dan Dosen Universitas Brawijaya.

“Islam menggerakkan nusantara menjadi simbol peradaban besar di jaman dahulu. Sebut saja Kerajaan Demak, Cirebon, Malaka, juga kerajaan di Ambon,” ungkap Dedi Mulawarman.

“1916- 1945 anak muda ikut mendesain masa depan, itu seharusnya yang dilakukan akan muda sekarang. Anak muda sekarang harus aktif merancang masa depan negeri ini,” tambahnya.

“Aneh lagi ada pembangunan pabrik semen produksi dalam negeri malah ditentang, dan membiarkan pabrik semen asing berdiri begitu saja. Lalu kita juga diam dengan Freeport, pun bertahun-tahun kita nyaman dijajah Jepang dengan produk otomotif yang membanjiri negeri,” ucapnya berapi-api.

Berikutnya ada Dr. Mahrus Elmawa MAg, filolog sekaligus Kepala Seksi (Kasi) Publikasi Ilmiah Diktis Dirjen Pendis Kemenag RI. Untuk narasumber yang ketiga ada HM Nuruzzaman MSi, dosen Unswagati Cirebon yang juga komandan Densus 99.

Direktur Utama CSPC, Ikfal Al Fazri mengatakan, kegiatan Dialog Kebangsaan adalah wadah diskusi mahasiswa dengan para tokoh nasional, yang mengerucut pada sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia yang menjadi wujud kecintaan terhadap tanah air. Tujuannya, mahasiswa menjalani tantangan global harus berkaca pada sejarah bangsa.

Menurutnya, Dialog Kebangsaan adalah tempat diskusi antara mahasiswa dan tokoh nasional dalam menghadapi masalah global. Semua harus meneladani tokoh bangsa seperti HOS Tjokroaminoto, Haji Agus Salim, KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab hasbullah, KH Ahmad Dahlan, Ir Soekarno, dan banyak lainnya.

Dalam acara tersebut juga diadakan Pelantikan Pengurus CSPC.[]

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *