Peringati HUT RI, Siswa SMP, MTS, dan Aktivis Kecamatan Jabung Kab. Malang, Gelar Drama Sejarah

WhatsApp Image 2017-08-17 at 19.31.51

Peringati HUT RI, Siswa SMP, MTS, dan Aktivis Kecamatan Jabung Kab. Malang, Gelar Drama Sejarah

RumahPeneleh, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang- Menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, sejumlah pemuda yang berasal dari seluruh SMP bekerja sama dengan para aktivis desa yang berada di Kecamatan Jabung yakni komunitas Koclok Ilakes, Kab. Malang, mementaskan drama yang mengisahkan Perlawanan Kompi Gagak Lodra melawan Belanda. Tim sutradara yakni Bapak Miftah kepala sekolah SMP Islam Jabung, Bapak Umar SMP PGRI Jabung, serta Bapak Tofiq MTS Ahmad Yani Jabung. Pementasan drama ini dilaksankan di Lapangan Kemantren, Desa Jabung.

Kejadian sesungguhnya dari drama yang ditampilkan tersebut terjadi pada tahun 1948. Kompi Gagak Lodra merupakan salah satu kompi pasukan Pahlawan Nasional Mayor Hamid Rusdi. Sesuai dengan namanya yakni Burung Gagak yang mempunyai sifat gagah berani berkorban dan mempunyai soladaritas tinggi. Pertempuran di Kalijae berhasil menyelamatkan 2 batalyon pasukan TKR. Menurut Bapak Widodo, selaku Panitia HUT RI ke 72 tahun 2017 di Kecamatan Jabung, pementasan drama bernuansa sejarah ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, pementasan ini juga sebagai upaya mengenalkan kepada pemuda desa dan seluruh lapisan masyarakat tentang peristiwa bersejarah Taman Makam Pahlawan Kalijae.

Selain warga setempat, pertunjukan ini juga dihadiri oleh para peserta upacara yang berasal dari instansi pemerintahan di seluruh Kecamatan Jabung, Peserta dihadiri dari berbagai kalangan yakni TNI Polisi, muspika, Kalangan Pendidikan, Perangkat Desa, Ormas organisasi wanita, serta Organisasi Politik.

/ Agenda

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *