Peneleh Research Institute Gelar Seminar Hasil dan Public Hearing Riset Kemandirian Desa

IMG-20170602-WA0004

Peneleh Research Institute Gelar Seminar Hasil dan Public Hearing Riset Kemandirian Desa

Peneleh Research Institute bekerjasama dengan STIE Malangkucecwara menggelar Seminar Hasil dan Public Hearing Riset Kemandirian Desa pada 7 Mei 2017 bertempat di STIE Malangkucecwara. Acara ini diselenggarakan sebagai langkah konsisten Yayasan Rumah Peneleh selaku organisasi induk guna mewujudkan kemandirian desa. Seminar ini dihadiri oleh Dr. H. Rendra Kresna selaku Bupati Kabupaten Malang, Drs. Kadarusman, MM. selaku Pembantu Ketua STIE Malangkucecwara, Ahmad Jazid M.Si. (Camat Jabung), dan Tohari selaku Kepala Desa Sukopuro, dan Eko Cahyono, pendiri Perpustakaan Anak Bangsa Desa Sukopuro.

Selain oleh pelaku pemerintahan dan institusi kampus area Malang Raya, juga hadir Dr. Puji Handayati, SE., MM., Ak., CA., CMA., CIBA., CSRA selaku Ketua IAI Komda Malang Raya, Dr. Subagyo, MM. (Dekan FE Universitas Nusantara PGRI Kediri), Dr. Kurnia Eka Sari (Ketua Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang), Perwakilan Himpunan Pengusaha Nahdliyin, Perwakilan Politeknik Negeri Banjarmasin yang diwakili oleh Bapak Sirajudin, MSA., serta Perwakilan dari KPRI Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Dr. Asfi Manzilati sebagai tamu undangan yang turut memeriahkan jalannya acara seminar.

Acara ini digelar oleh dengan tujuan sebagai diseminasi hasil riset melingkupi pemetaan struktur sosial, identifikasi masalah kemandirian desa, dan identifikasi solusi kemandirian desa; sarana pembelajaran metodologi action research pada pemerhati penelitian berpihak; menjembatani permasalahan desa dengan perangkat pemerintah serta mendapatkan masukan/solusi atas masalah desa; serta mendapatkan tenaga relawan riset peneleh untuk kelanjutan riset kemandirian desa.

Seminar dan public hearing ini diikuti oleh berbagai macam kalangan, mulai dari dosen hingga mahasiswa. Terhitung peserta acara yang hadir terdiri dari 146 orang, meliputi 76 mahasiswa S1, 27 dosen, dan 43 orang dari peserta umum. Peserta baik mahasiswa dan dosen berasal dari berbagai macam institusi, antara lain STIE Malangkucecwara, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Kediri, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Padang, dan Universitas Islam Bekasi.

Peradaban dibangun dari desa. Dengan adanya seminar hasil dan public hearing ini, diharapkan mampu menjadi sumber data pendukung banyak kalangan dalam rangka mewujudkan kemandirian desa yang sudah menjadi concern Yayasan Rumah Peneleh pada umumnya dan Peneleh Research Institute pada khususnya. (ainurrofiqin)

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *