PELATIHAN BASIC PHOTOGRAPHY: Lewat Photography Menggugah Semangat Perjuangan dan Kejujuran Anak-anak Panti Asuhan Darut Taqwa

palu 2

PELATIHAN BASIC PHOTOGRAPHY: Lewat Photography Menggugah Semangat Perjuangan dan Kejujuran Anak-anak Panti Asuhan Darut Taqwa

RumahPeneleh.or.id, Palu- Aktivis Peneleh Regional Palu pada hari Sabtu (29/07/17) mengadakan kegiatan pelatihan Basic Photography yang diadakan di Panti Asuhan Darut Taqwa. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Sekolah Aktivis Peneleh Regional yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Juli – 23 Juli 2017. Materi Basic Photography dibawakan oleh Sugianto sebagai pencinta photography dan Irwan Tobali yang sering memenangkan lomba-lomba photography nasional.
Kegiatan pelatihan photography diikuti oleh sekitar 30 orang yang kebanyakan merupakan anak-anak panti DarutTaqwa. Teriknya panas matahari yang terasa tidak menyurutkan semangat anak-anak panti dalam menyimak materi yang dibawakan oleh Kak Sugi. “Ketika kita ingin menjadi seorang photographer panas matahari tidak menjadi penghalang bagi kita untuk membidik sebuah objek,” demikian kata Kak Sugi mengawali dan memberi semangat anak-anak panti.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa ada alasan-alasan tertentu kita dalam membuat sebuah foto. Apakah karena kita ingin berbagi (sharing) kepada orang lain mengenai sebuah gagasan, keindahan, keunikan, dan emosi. Kesempatan kali ini, pemateri juga memberikan beberapa penjelasan mengenai teknik dasar photography seperti dasar-dasar komposisi foto, angle of view yan gakan menjadikan sebuah foto yang kita frame melalui kamera dapat menjadi lebih indah, bermakna dan dapat menggugah hati para penikmatnya.

“Lewat foto juga dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan, tergantung dari tujuan kita dalam memilih sebuah objek. Foto yang indah bukan hanya dilihat dari kamera yang mahal tetapi tergantung bagaimana kita mengabadikannya” kata Kak Sugi pada penyampaian materinya.

Pada kegiatan kali ini, Kak Irwan juga membagi cerita pengalamannya menjadi seorang photographer profesional yang penuh dengan perjuangan. Kak Irwan menunjukkan beberapa foto hasil jepretan kameranya yang berhasil memenangkan perlombaan fotografi.Peserta terlihat sangat kagum melihat hasil foto kak irwan, mereka seakan melihat keindahan yang nyata.
Kak Irwan berpesan “bahwa dalam mengambil sebuah foto yang indah juga memerlukan perjuangan dan perhitungan yang matang”.Ditambahkan pula oleh Kak Sugi dan Kak Irwan, bahwa kejujuran adalah hal yang utama, mengingat awal mereka menjadi photographer dimulai dari mendapatkan kamera dengan hanya bermodalkan kejujuran oleh diri sendiri dan kepercayaan dari orang-orang sekitar.

Pesan-pesan dari Kak Sugi dan Kak Irwan, seakan membakar antusiasme peserta terhadap photography,apalagi ketika mereka diberikan kesempatan untuk mencoba mengambil gambar menggunakan kamera DSLR yang dibawa oleh kedua pemateri, mereka terlihat sangat bahagiadanantusias. Mereka saling bergantian mencoba mengambil gambar menangkap moment demi moment tentunya dengan arahan Kak Irwan dan juga Kak Sugi.

Melihat antusiasme peserta yang kebanyakan anak-anak Panti Asuhan Darut Taqwa terhadap photography, KakSugi ingin mewakafkan kamera Canon PowerShot G7 kepada anak-anak panti. “Walaupun hanya kamera pocket diharapakan dapat bermanfaat menjadi media dasar dalam belajar mengembangkan bakat photography anak-anak panti, karena bukan tidak mungkin salah satu dari kalian akan menjadi photographer hebat yang akan memenangkan beberapa perlombaan fotografi”. tutup Kak Sugi dalam materinya.

Di akhir kegiatan peserta dan pemateri melakukan foto bersama dengan ibu panti sebagai kenang-kenangan. Semuanya menunjukan gaya terbaik mereka di depan kamera dengan senyuman bahagia.

/ Agenda

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *