Peduli Garut: Aktivis Peneleh Lakukan Rapid Assesment

peduli-banjir-garut-aktivis-peneleh

Peduli Garut: Aktivis Peneleh Lakukan Rapid Assesment

peduli-banjir-garut-aktivis-peneleh

RumahPeneleh.or.id, Garut – Bencana banjir bandang yang terjadi di Garut, 20 September 2016 telah membawa korban dalam jumlah yang tak sedikit. Siti Hadjar, Aktivis Peneleh II yang turun langsung ke tempat kejadian telah melakukan rapid assesment untuk menggali data sebelum Yayasan Rumah Peneleh mengirimkan bantuan ke Garut.

Menurut hasil rapid assesment, yang juga diolah dari berbagai sumber, wilayah yang terkena antara lain Kabupaten Garut, Kecamatan Karangpawitan, Desa Cimacan, Sindang Reret.

Untuk korban meninggal tercatat 34 orang, hilang 19 orang, sedangkan untuk korban terluka berat maupun ringan belum dapat diperoleh data yang valid.

Hingga laporan ini diturunkan, ada 2.525 orang pengungsi yang terbagi di posko utama dan posko tambahan. Kerusakan rumah baik rusak total, berat maupun ringan juga masih dilakukan pendataan lebih lanjut.

Selain pos pemerintahan dan rumah sakit swasta terdekat, tenda posko kesehatan lapangan saat ini juga masih sibuk melayani pengobatan terhadap korban bencana.

“Obat gratis dan tenaga medis masih dalam jumlah seadanya. Umumnya korban menderita luka berat maupun luka ringan, gatal-gatal, batuk dan flu,” kata Siti Hadjar.

11 sarana pendidikan (sekolah) juga rusak, antara lain:

  1. SLB PGRI
  2. SMP PGRI II Garut
  3. SMP Tarogong Kidul
  4. SMPN 2 Banyuresmi
  5. SMPN 3 Tarogong Kidul
  6. SMP 2 Samarang
  7. SMPN 3 Cisurupan
  8. SMP Qurota Ayun Samarang
  9. SMA PGRI Garut
  10. SDN Sukaratu Banyuresmi
  11. SDIT Muhammadiyah Tarogong Kidul

Aktivis Peneleh dari Universitas Pasundan itu juga menambahkan, “Sejumlah pengungsi mengeluhkan keterbatasan jamban, tempat sampah dan rusaknya sejumlah drainase, aluran listrik juga masih padam. Pendataan hilangnya ternak dan rusaknya lahan pertanian juga masih dilakukan sejumlah pihak.”

Rumah Peneleh bersama beberapa institusi/lembaga saat ini masih menggalang donasi untuk disalurkan ke Garut.

Salurkan donasi anda ke Yayasan Rumah Peneleh melalui rekening BTN Syariah (Kode Bank: 200) No. Acc. 7062100510 a/n Yayasan Rumah Peneleh. Info: Amelia 085655528189.

Ikuti terus berita terkini dari kami di website www.rumahpeneleh.or.id, Twitter @RumahPeneleh atau Facebook Yayasan Rumah Peneleh.[]

peduli-garut-rumah-peneleh-2

/ Berita / Tags:

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish