Napak Tilas Jejak Kejayaan Kadhiri

IMG_20180818_104259_630

Napak Tilas Jejak Kejayaan Kadhiri

Rumahpeneleh.or.id, Kediri- Hari ini, Sabtu (18/08, 11.00), Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) III berada di salah satu lokasi tujuan studi, kunjungan, dan pengembangan, yaitu situs Arca Totok Kerot (Dwarapala/ Guardian Statue).

Arca ini diidentifikasi sebagai “pintu selamat datang” salah satu kerajaan masa kejayaan Kadhiri. Belum ada hasil penelitian yang membuktikan nama pasti dari kerajaan yang pintunya arca ini. Akan tetapi, menurut cerita warga setempat, arca ini berhubungan dengan Raja Jayabhaya, salah satu raja masa keemasan kerajaan Kadhiri, karena terletak tidak jauh dari letak arca ini.

Tinggi arca ini lebih 2 meter, jadi dapat dibayangkan betapa besar dan megah bangunan kerajaannya saat itu, “Bayangin kalau kerajaannya masih berdiri utuh, pasti sangat megah,” kata salah satu peserta.

Saat pertama kalo ditemukan, arca ini tertimbun tanah sedalam 2 M. Mas Romi, pemandu kegiatan ini, mengatakan bahwa kemungkinan, bangunan kerajaan yang ada di belakang arca ini tertimbun tanah juga, “kalaupun digali, mungkin masih tersisa pondasinya saja,” jelasnya.

Malam ini, hasil kunjungan budaya dan informasi mengenai lokasi kunjungan, akan dijadikan bahan diskusi, yang tujuannya adalah memperoleh output berupa aksi ataupun gagasan dalam rangka pengembangan potensi-potensi budaya.

/ Agenda, Berita

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *