Keutamaan Sabar, Kajian Hari Ke-Tiga Sekolah Ikhlas Ramadhan

ilham-salle-stie-indonesia-akuntansi-ramadhan

Keutamaan Sabar, Kajian Hari Ke-Tiga Sekolah Ikhlas Ramadhan

ilham-salle-stie-indonesia-akuntansi-ramadhan

RumahPeneleh.or.id, Malang – Sore tadi (11/06) kajian di Sekretariat Rumah Peneleh Malang diisi oleh Ust. Ilham Z. Salle, M.S.i, Ak. dari STIE Indonesia.

Kajian dengan judul Keutamaan Sabar itu merupakan bagian dari Sekolah Ikhlas Ramadhan, yang digelar selama bulan Ramadhan oleh Rumah Peneleh Malang.

Sabar menurut Bahasa Indonesia adalah tidak mudah marah, putus asa, patah hati. Sedangkan sabar menurut Bahasa Arab adalah menahan diri, di mana sabar dengan takut adalah dua hal yang berbeda.

“Sabar dalam konteks Islam dapat diartikan ketegaran, terutama dalam ketaqwaan, menjalani perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya,” terang Ust. Ilham.

Ada 103 ayat tentang sabar dalam Al-Quran yang terbagi dalam 45 ayat, terbanyak ayat tentang sabar ada di Al-Baqarah (9 ayat), Ali Imran (8 ayat), Al-Kahfi (8 ayat), dan An-Nahl (7 ayat).

Lebih lanjut Ust. Ilham menerangkan, “Sabar bukan hanya saat kita mendapat kesusahan/duka, namun juga dalam kesenangan/suka ria. Sabar dalam kesenangan bisa diartikan tidak berlebihan, bijak saat mengatur rejeki, tidak menghamburkan uang.”

“Sabar tak bisa diartikan dengan hanya berdiam diri merenungi kemalangan, tapi juga harus diikuti tindakan untuk berjuang,” tambahnya.

Allah memberikan predikat taqwa terhadap orang-orang yang mau bersabar. Dalam Al-Baqarah 155 dijelaskan bahwa kabar gembira akan didapatkan oleh orang-orang yang sabar, sedangkan dalam berbagai tradisi tertentu, sabar juga akan membawa kepeloporan dan kepemimpinan, karena pemimpin haruslah orang yang sabar.

“Semoga kita semua tergolong orang sabar, karena orang yang sabar senantiasa disayangi oleh Allah, dijanjikan pahala tak terbatas, dan Allah selalu bersama orang yang sabar,” tutup Ust. Ilham.

Rumah Peneleh masih akan menggelar Sekolah Ikhlas Ramadhan hari Senin (13/06) minggu depan. Ikuti juga Peringatan 100 Tahun #ZELFBESTUUR yang akan diselenggarakan secara serempak di beberapa kota tanggal 17 Juni 2016 nanti.[]

azwar-muhammad

/ Berita / Tags:

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish