Kenali Maqom-mu: Memilih Paradigma Penelitian

0116 (1)

Kenali Maqom-mu: Memilih Paradigma Penelitian

RumahPeneleh.or.id, Malang – Hari pertama Sekolah Penelitian Kualitatif untuk mahasiswa S3 dengan materi “Kenali Maqom-mu: Memilih Paradigma Penelitian” dilaksanakan di Sekretariat Yayasan Rumah Peneleh, Senin (16/01).

“Meskipun digelar ala duduk lesehan, peserta yang hadir mengikuti dengan serius dan antusias,” ungkap Manajer Relasional Rumah Peneleh Amelia.

Sekolah Penelitian Kualitatif ini menghadirkan dua pemateri sekaligus dari Peneleh Research Institute, Dr. Ari Kamayanti dan Dr. Novrida Qudsi.

Memilih paradigma penelitian berkaitan dengan di manakah posisi awal dan cara pandang peneliti dalam melakukan seluruh penelitian, yang tentu saja memiliki konsekuensi logis terhadap metodologi yang akan dilakukan.

“Namun harus tetap dipahami bahwa cara pandang/maqom yang berasal pada modernitas selalu mengambil posisi yang berbeda terhadap ke-ilahian, dalam artian hal ini menunjukkan bahwa posisi Tuhan dalam sudut pandang modern tidak memiliki ruang,” papar Novrida Qudsi.

Dengan demikian, pemilihan dan pengenalan maqom ini juga berarti mengenai pemosisian diri peneliti sebagai seorang hamba Tuhan yang seluruh kegiatan termasuk penelitian yang dilakukannya dalam rangka beribadah kepada Tuhan.

Sementara itu Ari Kamayanti menambahkan, “Maka menjadi penting untuk mengenali tahap-tahap kedekatan Ilahiah dalam pengenalan maqom ini untuk menghasilkan ilmu yang mencakup kesemestaan, rahmatan lil ‘alamin.”

Sekolah Penelitian Kualitatif seperti ini masih akan digelar pada minggu depan. Tanggal 23 Januari membahas tema “Mixing Methodology: Bukan Suka-Suka Gue” dan tanggal 30 Januari dengan tema “Posmo atau Pu(o)sing 7 Keliling? Jangan Terjebak Relativitas”.

Bagi yang tertarik mengikuti kelas ini di minggu depan dapat menghubungi Sdri. Ayu di nomor 081358461358.[]

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish