Kelas Penelitian Kualitatif: Etnometodologi

kelas-penelitian-kualitatif-rumah-peneleh-malang (2)

Kelas Penelitian Kualitatif: Etnometodologi

RumahPeneleh.or.id, Malang – Yayasan Rumah Peneleh bersama Peneleh Research Institute kembali menggelar Kelas Penelitian Kualitatif untuk mahasiswa S1, Rabu pagi ini (25/01).

Kelas Penelitian Kualitatif untuk S1 pagi ini (25/01) membahas materi Etnometodologi oleh Amelia Indah K., MSA. dari Peneleh Research Institute.

“Akuntansi mengakui bahwa selama ini obyektif dan bebas nilai, padahal pada praktiknya tidak. Bahkan Akuntansi harusnya lebih menyentuh sisi masyarakat karena termasuk ilmu sosial,” ungkap Amelia.

Melalui kelas ini, Amelia Indah yang juga seorang karateka tersebut mengajak peserta untuk berpikir kritis atas ilmu Akuntansi selama ini.

Lebih lanjut Amelia juga menjabarkan beberapa perbedaan antara Etnometodologi dan Etnografi, bahwa Etnometodologi adalah tentang aktifitas keseharian sedangkan Etnografi pure tentang kebudayaan.

“Etnografi punya analisis struktural dalam beberapa tahapan, ada kesepakatan bersama dan berifat lebih universal. Sedangkan Etnometodologi penggambarannya pada akhirnya akan terikat dan tidak terlalu normatif,” paparnya.

Meskipun hanya diikuti oleh 2 mahasiswa, Kelas Penelitian Kualitatif ini justru menjadi lebih mengasyikkan. Tercipta kelas yang lebih interaktif antara peserta dan pemateri sehingga memunculkan pertanyaan-pertanyaan kritis khususnya dalam ilmu Akuntansi.[]

Share the Post

About the Author

Comments (1)

  1. Laily Novrida :

    Bagus banget.., bisa gak ya diadakan diadakan di Sragen. Mungkin pesertanya untuk para guru dan aktivis misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish