Isi Bedah Buku di Tulungagung, Dr. Aji Dedi M: Pusat Diskusi Buku MAK itu Shalat

WhatsApp Image 2019-09-11 at 16.40.49

Isi Bedah Buku di Tulungagung, Dr. Aji Dedi M: Pusat Diskusi Buku MAK itu Shalat

Selasa, 10 September 2019, Aktivis Peneleh Regional Tulungagung mengadakan agenda bedah buku Memeriksai Alam Kebenaran.

Agenda ini merupakan bentuk upaya aktivis dalam membumikan kembali pemikiran para guru bangsa, yang lalu digunakan sebagai pemupuk kesuburan tanah pergerakan aktivis kekinian, yang bernafaskan religiositas dan kebangsaan.

Agenda dihadiri oleh Akhol Firdaus, M.Pd, M.Ag, penbedah buku dan Dr. Aji Dedi Mulawarman, pensyarah buku sekaligus ketua Yayasan Rumah Peneleh.

Dr. Aji Dedi M menyampaikan bahwa pusat diskusi dari buku Memeriksai Alam Kebenaran itu simpel, (yaitu) shalat, “meskipun di halaman 1-3 itu dituliskan metodologi. Pusat nya adalah ketika sudah selesai tentang Metodologi adalah sholat. Bahwa isi dari shalat adalah pusat ketundukan, menembah kapada gusti,” jelasnya.

“Insan kamil itu mempunyai budi dan rasa diri dalam bentuk menembah gusti. Budi dan rasa kontekstual, itu yang disebut siasah. Jadi ketika masuk dalam ruang politik belum memiliki budi dan rasa, maka bisa rusak dalam tuang kontekstual tersebut.”

-Dr. Aji Dedi Mulawarman-

Di samping itu, Akhol Firdaus, M.Pd, M.Ag menjelaskan bahwa tasawufnya pak Tjokro adalah tasawuf yang dinamis, tasawuf hang tidak egois. Tasawuf yang mempunyai proyeksi kedepan.

Saya terkejut, karena Pak Tjokro mengembangkan konteks diskursif terhadap wacana yang menkerdilkan islam,

-Akhol Firdaus, M.Pd, M.Ag-

Hadir juga dalam bedah buku ini adalah pemuda-aktivis dari berbagai latar belakang gerakan, yang merelakan waktu malamnya dengan cara tidak biasanya pemuda, yaitu menyimak paparan diskursus yang dilahirkan oleh pendiri bangsa ini.

/ Agenda, Bedah Buku

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish