Iqamat al-Hijrah: Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah

WhatsApp Image 2018-09-12 at 16.00.35

Iqamat al-Hijrah: Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah

Iqamat al-Hijrah

Iqamat biasanya hanya diterjemahkan sebagai perayaan, termasuk merayakan tahun baru Hijrah. Iqamat dalam makna qur’ani-nya sebenarnya telah membentuk kekuatan pengejawantahan nilai-nilai. Dengan demikian merayakan kembali Hijrah sebagaimana dijelaskan Al-Faruqi, bukan hanya menghubungkan diri, dalam menghidupkan kembali pengalaman Nabi Muhammad SAW. dan para pejuang Islam.

Iqamat al-Hijrah adalah pola kedirian dan kemasyarakatan secara harmoni dan sadar melalui kedalaman kesadaran lintas ruang dan waktu untuk membentuk makna dan nilai kini dan masa depan. Hijrah sejatinya tidak terikat pada ruang dan waktu, apalagi penanggalan kalender an sich, tetapi hijrah merupakan bagian dari kehidupan kita sepanjang sejarah melewati bahkan melampaui ruang dan waktu.

Pengalaman keagamaan Nabi di Gua Hira bukanlah tujuan akhir. Makrifat langit adalah titik awal bagi kehadiran beliau di Mekkah untuk mengajak manusia dan mengubah arah sejarah serta menyelaraskan dunia dengan risalah. Dan dengan itu maka tonggak Hijrah Habasyah menjadi awal tonggak bagi aqabah satu dan dua menuju Yatsrib, berhijrah untuk perubahan makrifat dalam ruang dan waktu sebenarnya.

Hendaknya ada di antara kamu menyeru kepada kebajikan (khair) yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Itulah ciri manusia Muflihun… (karena itu) kalianlah ummat terbaik yang menyegerakan untuk berbuat ma’ruf dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah. Bagi ahli kitab lebih baik mereka beriman, dan diantaranya begitu, sedangkan kebanyakan mereka adalah manusia fasik.

Selamat menjalankan agenda kebajikan dengan hijrah pada kebaikan dan meninggalkan kemunkaran untuk mencapai derajat muflihun…

#zelfbestuur #aksi #hijrah #negeri #rumahpeneleh

rumahpeneleh.or.id

/ Agenda, Berita

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *