Informasi Umum tentang Pendidikan Dasar Nasional (Diksarnas): Sekolah dan Beasiswa Aktivis Peneleh V

Informasi Umum tentang Pendidikan Dasar Nasional (Diksarnas): Sekolah dan Beasiswa Aktivis Peneleh V

Rumahpeneleh.or.id, Makassar- Dalam post ini akan diberikan informasi umum mengenai pelaksanan Diksarnas BSAP-5 di Makassar, 19-22 April 2018.

  1. Apa itu Diksarnas?

Diksarnas merupakan upaya penanaman pemahaman tentang nilai-nilai Kepenelehan. Nilai-nilai mengacu pada perjuangan serta pemikiran guru bangsa, H.O.S Tjokromanito. Dalam Diksarnas ini, peserta juga akan diajak untuk melihat kondisi Indonesia saat ini dalam berbagai konsteks isu. Pemahaman ini akan dipakai sebagai modal awal aktivis untuk melakukan gerakan atau aksi-aksi berpihak.

Sebagai informsi, panitia tidak menanggung biaya keberangkatan dan kepulangan peserta menuju dan dari lokasi kegiatan. Panitia menyiapkan penjemputan dari titik yang ditentukan.

2. Apa itu Beasiswa Aktivis Peneleh 5?

Beasiswa Aktivis Peneleh 5 ini disebut sebagai Beasiswa Keumatan Aktivis Peneleh, yaitu beasiswa yang diberikan kepada Aktivis Peneleh (sebutan bagi aktivis yang lolos dalam Diksarnas) karena telah menyusun dan berkomitmen melaksanakan program/ aksi yang dikerjakan secara bersama/ konsolidasi antar Aktivis Peneleh di setiap regional atau antar regional. Aksi atau program tersebut dinilai dari dampak secara nyata kepada ummat.

Beasiswa Keumatan ini berupa uang yang ditransfer kepada Aktivis Peneleh. Adapun mengenai besaran beasiswa yang diberikan, merupakan hak dari yayasan untuk memutuskan. Kemudian mengenai peruntukan/ penggunaan beasiswa tersebut merupakan hak dari Aktivis Peneleh untuk menentukan.

3. Apa itu Sekolah Aktivis Peneleh (SAP)?

Sekolah Aktivis Peneleh merupakan upaya pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Upaya pengkaderan tersebut bercermin pada Pak Tjokro ketika berhasil melahirkan pemimpin-pemimpin besar bangsa, seperti Soekarno, Agus Salim, Kartosuwiryo, Semaoen, dll.

SAP ini menghadirkan aktivis mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia untuk berkumpul, bersinergi, membangun gagasan, merencanakan program/ aksi konstruktif bersama dalam upaya ikut berperan menentukan masa depan bangsa dan negara.

/ Agenda

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *