Info Peneleh Youth Volunteer Camp II

Poster medsos pyvc 2

Info Peneleh Youth Volunteer Camp II

INFO PENTING: Link form pendaftaran PYVC II sudah full. Pendaftar yang belum isi form, diarahkan langsung menghubungi narahubung (Fafa, +62 857-3388-7445)

✔KONSEP PYVC

PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan oleh Yayasan Rumah Peneleh (YRP), melalui konsolidasi antar Aktivis Peneleh. Peserta PYVC II ini terdiri dari berbagai lapisan kalangan pemuda, dari mahasiswa atau umum, yang sama-sama memiliki ketertarikan pada bidang wisata, pengembangan wisata, dan pemberdyaan masyarakat. Oleh karena itu, PYVC II memiliki tiga konsep, yaitu wisata, study, dan pemberdayaan.

Konsep wisata dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah potensi wisata yang ada dan besarnya minat pemuda untuk mengeksplorasinya. Konsep study, dilatarbelakangi oleh besarnya potensi ide dan gagasan yang dimiliki oleh pemuda untuk dikembangkan kedalam bentuk konkret. Kemudian untuk konsep pemberdayaan merupakan gabungan dari kedua konsep sebelumnya, yang merupakan usaha untuk mewujudkan ide dan gagasan pemuda kedalam aksi-aksi konkrit dan berpihak dalam bidang pengembangan potensi wisata, alam, dan budaya, yang memiliki tujuan kemandirian bagi masyarakat.

✔GAMBARAN KEGIATAN

Tujuan utama PYVC II adalah membantu masyarakat Desa Taji dalam rangka kemandirian ekonomi. Hal tersebut diusahakan dalam beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari diskusi, mengerjakan proyek, hingga kunjungan wisata.

Diskusi dilakukan bersama dengan beberapa subjek yang betul-betul memahami potensi dan upaya masyarakat desa dalam rangka pengembangan potensinya. Diskusi ini tujuannya adalah untuk memunculkan ide-ide kreatif pemuda, yang kemudian diaplikasikan dalam proyek.

Proyek ini ada dua jenis, yaitu pembuatan legenda desa dan desain pengembangan coban.

Legenda desa ini berupa “peta” wisata desa, yang menggambarkan tata letak lokasi strategis di desa, dengan menonjolkan aspek wisatanya. Legenda ini nantinya diletakkan di lokasi strategis di desa, sehingga bagi wisatawan yang hendak menikmati wisata di Desa Taji, dapat dengan mudah menemukan tujuannya. Data dalam rangka pembuatan legenda ini diperoleh dari perangkat desa dan metode pengumpulan data transect walk.

Kemudian untuk kegiatan mengkonsep pengembangan coban ini berupa pembuatan ide tentang tata letak fasilitas yang memungkinan untuk dibangun di coban, yang tujuannya adalah untuk menarik wisatawan.

Hal tersebut melihat kondisi Coban Krengseng yang masih “perawan”, yang sama sekali belum tersentuh komersialisasi oleh masyarakat. Selain itu, melihat bentuknya, coban ini memiliki potensi untuk dikembangkan.

Jadi, selama kegiatan PYVC II, selain berwisata, peserta benar-benar diajak untuk berkontribusi bagi pengembangan potensi desa dalam rangka kemandirian ekonomi masyakarat.

✔LOKASI PYVC II

PYVC II dilaksanakan selama 3 hari dan dua malam, di Desa Taji, yang sering disebut sebagai desa di atas awan karena lokasinya yang berada di perbukitan lereng Gunung Bromo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Selain melibatkan mahasiswa dan pemuda sebagai peserta, PYVC II juga melibatkan masyarakat, perangkat desa, Pokdarwis, dan Babinsa.

Lokasi menginap peserta berada di dua rumah salah satu perangkat desa. Kemudian untuk pusat kegiatan berada di balai desa Desa Taji. Kedua coban letaknya tidak jauh dari balai desa, yang dapat diakses menggunakan sepeda motor, lalu dilanjutkan jalan kaki menuruni bukit sejauh kurang lebih 500 M. Kedua coban tersebut masih sangat alami, yang keindahannya belum dikomersialisasi.

Kebun apel lokasinya juga mudah untuk diakses. Jaraknya sekitar 1 ½ KM, yang dapat ditempuh menggunakan sepeda motor. Untuk kebun kopi dan lokasi mengolah kopi, lokasinya hanya sekitar 500 M dari balai desa. Kebun kopi ini lokasinya tepat di belakang rumah pemilik kebun, satu temapt dengan lokasi menikmati kopi arabika dan robusta plus the kopi kaskara.

✔PENDAFTARAN

Pendaftaran peserta PYVC II dibuka tanggal 7 April hingga 25 April. Setiap peserta yang mendaftar, dimohon infaq sebesar Rp.100.000 untuk keperluan peserta sendiri, mulai dari penginapan, makan selama kegiatan, tiket ke beberapa tujuan wisata, study, dan keperluan peserta lainnya. Artinya, selain transportasi menuju Sekertariat YRP Malang (titik kumpul), peserta tidak ditarik biaya lagi.

Karena lokasi dan SDM panitia yang terbatas, peserta hanya dibatasi sejumlah maksimal 50 orang.

Pendaftar yang sudah mengikuti alur daftar dan kemudian memperoleh arahan dari panitia, sudah 99% dianggap sebagai peserta PYVC II. Peserta FIX akan diumumkan pada 26 April 2018.

✔KEBERANGKATAN PESERTA

Seluruh peserta PYVC berkumbul di Sekertariat YRP Malang, untuk kemudian diberangkatkan menuju lokasi dalam dua kloter. Kloter pertama jam 11.00 dan kloter kedua jam 13.00.
Peserta yang berasal dari luar malang atau yang tidak memiliki kendaraan bermotor, diharapkan dapat berada di lokasi kumpul sebelum waktu keberangkatan untuk dicarikan tebengan. Kemudian untuk peserta yang membawa motor dan tidak sedang berboncengan, akan dikoordinasi agar berangkat menuju lokasi bersama dengan peserta lain.

STAR GAZING

Ada satu lagi tambahan fasilitas yang diperoleh peserta PYVC II, yaitu study bintang, dengan cara meneropong bintang, bersama Komunitas Astrofotografi Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini dilaksankan tanggal 5 Mei 2018, hari kedua PYVC II, bertepatan dengan menjelang hujan meteor Eta Akuarid (Hingga 60 meteor per jam).

/ Agenda

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *