Ghafil, Kafir, dan Aqil

Ghafil, Kafir, dan Aqil

Oleh: Asep Hamami

Bismillahirrahmaanirrahiim….

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu

Qaal Al imam ahmad Ibnu Atho’illah :

Bermula orang yang ghofil. Bilamana berpagi pagi dia berpikir (merencakan) apa yang akan dikerjakan, apa yang akan aku perbuat. Dan Bermula orang yang aqil (orang yang berakal). Berpagi pagi dia berpikiran Apa yang akan Allah perbuat hari ini kepada ku..?

Bermula arti Ghafil itu Tidak menggunakan akal untuk mencari yang benar, yang digunakannya hanyalah perasaan dan mengikut akan hawa nafsu.

Orang yang ghafil ini, dia merasa memiliki kemampuan untuk melakukan atau merencakan akan sesuatu, Lupa akan Allah lah yang mengatur akan segala sesuatu.

Bila mana dia memperdapati sesuai apa yang diinginkannya, maka dia gembira dengan dirinya sendiri  lupa akan Allah yang sudah memudahkan urusan nya dan Allah lah yang menakdirkan dia bisa berbuat demikian itu, dan apabila dia mendapatkan kegagalan dengan apa yang dikehendakinya atau yang diinginkannya, maka dia akan marah, dan menyalahkan orang lain.

Jika demikian, maka dia akan diusir dari khidrat Allah.  Lain hal orang kafir,.. Orang kafir itu adalah orang yang tidak akal.

Di dalam tafsir al qurtubi disebutkan : bermula orang kafir itu tidak memiliki akal, jika seandainya dia memiliki akal, maka niscaya dia akan beriman kepada Allah.

Orang yang berakal (aqil), dia menganggap bahwa setiap perkara itu sudah ditentukan oleh Allah. Sehingga dia berpagi pagi berpikir apa yang akan dilakukan Allah hari ini kepadanya, sehingga dia tidak terkejut dengan sesuatu yang akan menimpa bagi nya. Karena dia yakin bahwa semua nya ini dari Allah, dan Allah maha mengetahui apa yang terbaik baginya.

Jika yang datang itu kabar gembira, maka dia akan bersyukur. Sebaliknya Jika yang datang itu adalah perkara musibah Maka dia akan sabar.

WAllahu ya’lamu Waa antum laa ta’lamuun Allah maha mengetahui yang terbaik bagi kalian. Dan kalian tidak mengetahui nya.

WAllahu subhanahu wata’ala a’lam.

11-04-2020

/ Opini

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish