Gayatri: Wanita di Balik Kejayaan Majapahit

17778779_120300002947389060_580956474_o

Gayatri: Wanita di Balik Kejayaan Majapahit

RumahPeneleh.or.id, Malang – Cuaca Kota Malang yang diguyur hujan deras tak menyurutkan semangat pemuda-pemudi ini. Bertempat di Sekretariat Rumah Peneleh, Senin (03/04) mereka mengikuti kajian rutin Ngopi Kebudayaan Nusantara yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Peneleh.

Kajian kali ini membahas tema Gayatri: Wanita di Balik Kejayaan Majapahit. Hadir sebagai Paracik Kopi (Pemateri) Dr. Novrida Qudsi Lutfillah dari Yayasan Rumah Peneleh. Gayatri yang bergelar Rajapatni (Pendamping Raja) adalah nama salah satu istri Raden Wijaya, raja pertama Majapahit (1293-1309) yang kemudian menurunkan raja-raja selanjutnya.

“Sebagian besar penghormatan yang dipersembahkan kepada Gayatri merupakan alasan akan kehebatan sosok tersebut dalam perjalanan Majapahit,” ungkap Dr. Novrida.

Dalam Negarakertagama diuraikan sebanyak tujuh pupuh (pupuh 63-69) atau 30 bait tersendiri dalam menceritakan peristiwa mengenang Gayatri. Penghormatan lain yang diberikan untuk mengenang Gayatri adalah diadakannya upacara sesudah mangkatnya Gayatri yang diperingati secara besar-besaran tahun 1362 disebut upacara Saraddha.

“Sebagai penghormatan kepada Gayatri dibuatkan candi makam di Bayalangu, Tulungagung Jawa Timur. Candi tersebut dinamakan candi Prajnyaparamita Puri (Negarakertagama pupuh 69.1),” tambahnya.

Tak heran jika Raden Wijaya menganugerahi Gayatri dengan gelar istimewa yaitu Rajapatni atau Pendamping Raja, meskipun Gayatri adalah ratu termuda. Hal itu diungkapkan Novrida karena kemampuan Gayatri selama mendampingi Raden Wijaya.

Ngopi Kebudayaan Nusantara adalah kajian rutin setiap hari Senin, pukul 19.00 WIB. Bagi yang tertarik mengikuti acara ini dapat menghubungi Vaisal di nomor 085645093514.[]

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *