Dr. Syifa, dalam Sekolah Aktivis Peneleh DIY: Gagasan Harus Dibenturkan dengan Masalah

IMG-20180408-WA0000

Dr. Syifa, dalam Sekolah Aktivis Peneleh DIY: Gagasan Harus Dibenturkan dengan Masalah

Rumahpeneleh.or.id, Yogyakarta- Pagi ini, 08 Maret 2018, Peserta SAPR DIY menerima materi dari Dr. Syifa Amir Widigdo, dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Beliau menyampaikan tentang pentingnya menulis dan kekuatannya dalam menggerakkan masa. Misalnya ketika saat itu Obama, mantan presiden Amerika Serikat, melalui tulisannya mampu menggerakkan masa untuk memilih dirinya menjadi presiden, di samping berbagai kritik mengenai latar belakangnya yang tidak banyak berperan aktif dalam berbagai persoalan secara langsung.

Beliau juga mengingatkan pada peserta untuk terus rajin membaca, yang kemudian dibenturkan dengan masalah konkret. Sehingga, gagasan yang diperoleh dari membaca tersebut mempunyai jangkar pada akar rumput dan memiliki kekuatan penggerak.

Selain itu, beliau mengatakan, saat mahasiswa merupakan waktu paling tepat untuk melakukan eksperimen gagasan. Sehingga, harusnya mahasiswa tidak hanya berhenti pada “permainan” diskursif dan diskusi yang sebatas berhenti pada wacana.

Materi tentang kepenulisan selalu ada dalam kegiatan sekolah aktivis. Hal ini merupakan bentuk penguatan tradisi literasi pada Aktivis Peneleh.

/ Agenda, Berita

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *