Diskusi Riset Kemandirian Desa

17522017_120300002749167543_340540878_o

Diskusi Riset Kemandirian Desa

RumahPeneleh.or.id, Malang – Pagi hingga sore hari ini, Jumat (24/03) Relawan Riset yang datang dari berbagai daerah berkumpul di Sekretariat Rumah Peneleh untuk berdiskusi, setelah 2 kali sebelumnya telah turun lapangan untuk melakukan FGD.

Riset Kemandirian Desa yang dilaksanakan di Desa Sukopuro, Jabung, Malang, merupakan upaya Peneleh Research Institute untuk menggerakkan kesadaran para cendekia untuk turut peduli pada pihak termarginalkan.

“Mereka yang menjadi bagian dari riset ini sebelumnya juga telah dibekali kemampuan untuk melakukan pemetaan struktur sosial serta generasi solusi berbasis kekuatan akar rumput,” ungkap Dr. Ari Kamayanti, Direktur Eksekutif Peneleh Research Institute.

“Kami mendata berbagai permasalahan seperti kondisi sosial, budaya, pendidikan, religiositas dan ekonomi menjadi bagian riset untuk ditemukan solusinya,” tambahnya.

Riset Kemandirian Desa menjadi bagian visi Peneleh Research Institute untuk mengembangkan kemandirian, apa yang oleh HOS Tjokroaminoto disebut Zelfbestuur! Dimulai dari kesadaran bahwa setiap manusia harus bergerak untuk tidak hanya ‘merdeka’ namun mampu berdikari.[]

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *