Bedah Pemikiran Guru Bangsa oleh Aktivis Peneleh Jombang

WhatsApp Image 2020-02-29 at 12.36.45

Bedah Pemikiran Guru Bangsa oleh Aktivis Peneleh Jombang

Setelah maraknya pemahaman liberal klasik dan kapitalisme, maka dunia telah bersetubuh dengan sikap individualis, konsumeris, hedonisme (kenikmatan materi adalah tujuan hidup), materialisme, dan sekulerisme. Dari situlah timbul masalah sosial yang sangat besar dan bahkan sampai pada tingkat unit terkecil, setelah bergejolak yang begitu besar. lahirlah faham sosialisme, Sosialisme menentang individu sebagai dasar kehidupan pribadi.

Sosialisme menghendaki hidup kebersamaan “ satu buat semua dan semua buar satu” yaitu cara hidup yang tidak menunjukan sikap individualis. Teori sosialisme mempunyai maksud akan memperbaiki nasib orang yang termiskinkan. Agar mereka mempunyai nasib yang sesuai dengan derajat sebagai manusia. Sosialis mengutamakan paham “pertemanan” atau “persahabatan”. Dan itu sangat bertentangan dengan faham individualisme yang hanya mengutamakan kepentingan individu.

Namun akhirnya antara Sosialisme dan kapitalisme sama-sama bertujuan untuk menumpuk harta (bertuhan benda/materialisme). Sehingga muncul konsep “Islam & Sosialisme” yang dibawa oleh pak Tjokro. Karena menurut pak Tjokro Islam adalah bentuk sosialisme Sejati. Namun dewasan ini, banyak orang yang bertanya apakah nilai Islam dan Sosialisme bertentangan? lalu seperti sosialisme Islam ala Tjokro? apa perbedaan sosialisme Tjokro dgn Kalr Marx?

Temukan jawabannya dalam diskusi kajian Pemikiran HOS Tjokroaminoto bersama Aktivis Peneleh Regional Jombang.
Catat tanggalnya, hadiri diskusinya. 💪

/ Bedah Buku Aktivis Peneleh

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish