Bedah Buku 2024 Hijrah untuk Negeri di HMI-MPO Palopo

17547235_120300002784042744_625241545_o

Bedah Buku 2024 Hijrah untuk Negeri di HMI-MPO Palopo

RumahPeneleh.or.id, Palopo – Jumat (24/03) menjadi gebrakan bergeloranya HMI-MPO Cabang Palopo. Itu terjadi saat mereka menggelar bedah buku ‘2024: Hijrah untuk Negeri’ karya A. Dedi Mulawarman.

Meskipun digelar secara sederhana di Sekretariat Cabang HMI-MPO, bedah buku tersebut dihadiri puluhan anak muda. Mereka yang hadir pada bedah buku merupakan para pengurus cabang dan komisariat HMI-MPO se-Palopo.

Dr. A. Dedi Mulawarman sang penulis buku mengisi acara tersebut secara langsung. Buku ini membuka wawasan mengenai masa depan Indonesia yang positif. Penulis menjelaskan dan melakukan upaya konstruksi, melalui pendekatan antropologis, historis, serta religius, tentang apa yang perlu dilakukan agar Indonesia mampu bangkit dan mencapai kejayaannya kembali.

“Saya merasa kurang pas dengan cara pandang kemakmuran dan kesejahteraan karena diukur berdasarkan kemapanan materi, kecukupan sandang papan, kesehatan diri dan keluarga, serta kreativitas aktivitas bisnis yang menjamin kebebasan mengakses ladang-ladang ekonomi masyarakat dan lingkungan alamnya, bahkan lebih jauh kebebasan mengakses kebahagiaan tanpa dibatasi moralitas bahkan kaidah-kaidah kebaikan, apalagi agama,” papar Dedi dalam bukunya.

Lebih lanjut pada bedah buku tersebut, Dedi juga menggelorakan kesadaran untuk ikut serta memikirkan negeri ini. Hal itu itu dia ungkapkan agar anak bangsa tak hanya sebagai penonton sejarah, namun pembentuk sejarah itu sendiri.

“Bila sejarah adalah hikmah, ibrah dan kearifan yang menyadarkan kita, maka masa depan sebagaimana sejarah adalah hikmah, ibrah, sekaligus kearifan yang semestinya kita konstruksi demi perbaikan negeri ini, menjelang peradaban yang kita idamkan. Tiada kekuatan tanpa perubahan yang berasal dari cahaya Ilahiyyah,” sambungnya.

Acara yang dimulai pukul 20.30 tersebut berakhir tepat tengah malam, dengan antusias yang luar biasa dari peserta yang hadir. A. Dedi Mulawarman sendiri selain sebagai Ketua Yayasan Rumah Peneleh juga merupakan Dosen Pascasarjana di FEB Universitas Brawijaya Malang.[]

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *