Bedah Buku 2024: Hijrah untuk Negeri di Bangkalan

WhatsApp Image 2018-05-20 at 06.51.32

Bedah Buku 2024: Hijrah untuk Negeri di Bangkalan

Rumahpeneleh.or.id, Bangkalan- Rumah Peneleh Madura bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inkam Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan bedah buku 2024: Hijrah untuk Negeri, karya Dr. Aji Dedi Mulawarman, Ketua Yayasan Rumah Peneleh.

Acara yang diselenggarakan di RKB-A UTM ini dihadiri 56 mahasiswa. Ketua Inkam, Muhammad Hidayat, memulai acara dengan memberi sambutan kepada peserta. Dalam sambutannya, ia mengingatkan tentang pentingnya budaya baca pada kalangan mahasiswa. Ia mengistilahkan dengan apa yang dikatakan Soekarno, presiden pertama RI, bahwa ketika itu beliau mengatakan butuh 10 pemuda untuk mengguncang dunia. Tetapi, saat ini, lanjutnya, ketika pemuda tak banyak membaca, perlu ribuan pemuda untuk mengguncang dunia.

Sebagai moderator adalah Iskandar Eka Asmuni, Koordinator Rumah Peneleh Madura. Iskandar, panggilan akrabnya, menyampaikan bahwa peradaban sudah sering dibicarakan oleh mahasiswa, namun, lanjutnya, bentuk dari diskusi berupa aksi itu tidak ada. Oleh karenanya, ia mengingatkan, peradaban kedepan harusnya didiskusikan benar-benar, yang kemudian di-aksikan dalam kerangka keberpihakan.

Kemudian, Dr. Aji Dedi Mulawarman, penulis sekaligus membedah buku, dalam pengantarnya memantik dengan menjelaskan tentang kenapa sampai ketemu angka 2024. Menurut beliau, angka tersebut bukanlah hasil “otak atik gatuk,” tetapi merujuk pada bukti kesejarahan dan dasar hadist yang menyatakan bahwa setiap seratus tahun akan ada perubahan peradaban. Dari titik inilah buku ini ditulis.

Selanjutnya, Pak Aji mengingatkan posisi bangsa Indonesia di tahun 2030. Menurut beliau, tahun 2030 memang Indonesia berasa di nomor 7 dunia, tetapi sebagai konsumen dari pasar luar negeri, “…kita ini sedang dikuasai oleh produk luar negeri. Apapun impor, produk pikiran saja kita gak punya, semua dari luar negeri,” tegasnya.

/ Agenda, Essay

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *