Asi, Aktivis Peneleh 5 dari Palu, Juara 2 Lomba Puisi Challange

WhatsApp Image 2018-09-23 at 14.43.40

Asi, Aktivis Peneleh 5 dari Palu, Juara 2 Lomba Puisi Challange

Rumahpeneleh.or.id, palu- Dalam mempersiapkan Peksiminas yang akan diadakan pada 15-22 Oktober mendatang di Yogyakarya, para peserta delegasi Sulawesi Tengah menjalani berbagai bimbingan khusus sesuai dengan tangkai seni yang diambil.

Asi Nurjanah Gumilang, Aktivis Peneleh Angkatan 5 yang merupakan mahasiswi Ekonomi-Akuntansi Universitas Tadulako, dalam bimbingan Ibu Eka Dessa Fitri, penulis dari buku antologi puisi berjudul “Filantropi Senyap”, ditantang untuk dapat menuliskan puisi terbaru dengan berbagai judul dan berbagai ekspresi.

Salah satu langkah yang diambil adalah mengikuti lomba puisi pada Rabu (19/09/2018),  yang diprakarsai oleh Internasional Hijab Solidarity Day (IHSD) 2018. Dalam pamflet Lomba Puisi Challange yang tersebar, berbagai tema diperlombakan. Ketentuannya adalah, selain peserta yang membuat puisinya sendiri, peserta jugaharus meng-upload puisinya dalam bentuk video-audio.

Pengalaman dalam pembuatan video membuat peserta yang belum biasa harus bekerja ekstra. Video-audio pertama yang dibuat Asi berjudul “Aku” di upload-nya sehari sebelum lomba, setelah itu pada waktu yang menjadi deadline Asi meng-upload puisi video-audio yang berjudul “Surat Hijrah Tersemai Atas Hijab”.

Video-audionya bercerita tentang perjalanan hijrah seseorang ketika memutuskan untuk menghijabkan dirinya. Walau banyak rintangan, ia bertekad untuk tidak menyerah. Menyerah kepada dirinya ataupun kepada orang sekitar yang tak sepaham dengannya.

Pada Minggu, 23 September 2018, rangkaian acara dimulai dengan fun run yang diikuti hampir dari 500 muslimah sekota Palu, ngaji on the street bersama, tebar ratusan jilbab secara gratis, syar’i room untuk mereka yang ber keinginan berhijab, games menarik bertabur hadiah, dan terakhir dengan pengumuman pemenang lomba cerpen dan puisi.

Pesertanya beragam mulai dari kalangan pelajar SMP, SMA sampai dengan jenjang mahasiswa.

Juara 1 diraih oleh Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES Palu) dengan hadiah utama tabungan emas senilai Rp.500.000. Alhamdulillah atas segala rahmat yang Allah berikan, Asi Nurjanah Gumilang memperoleh Juara 2 dengan hadiah utama tabungan emas se nilai Rp.300.000. Kemudian Juara 3 diraih oleh SMA Palu dengan hadiah utama tabungan emas senilai Rp.200.000 bersama plakat dari panitia, serta berbagai hadiah dari sponsor berupa alat solat dan satu set hijab.

Semoga Allah terus pembimbing kita dalam jalan yang Ia ridhoi untuk kemaslahatan umat. Aamiin Allahumma Aamiin.

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *