Aktivis Peneleh Malang Adakan Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) II

WhatsApp Image 2018-04-03 at 18.35.25

Aktivis Peneleh Malang Adakan Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) II

Rumahpeneleh.co.id, Malang- Pagi ini, 03 April 2018, Aktivis Peneleh Regional Malang bertamu ke perangkat Desa Taji dan masyarakat Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Kegiatan ini merupakan salah satu persiapan yang dilakukan dalam rangka PYVC II, yang akan dilaksanakan pada 4-6 Mei 2018.

Tujua PYVC II adalah, selain berwisata, untuk mengembangkan potensi wisata, alam, dan budaya yang dimiliki oleh Desa Taji, yang sering disebut sebagai “desa di atas awan” karena berada di perbukitan yang cukup tinggi, dan sering tertutup oleh bukit.

Di desa di atas awan ini memiliki beberapa coban yang masih alami, yang sama sekali belum diolah oleh masyarakat sekitar, yaitu coban rambut moyo dan coban krengseng, yang nantinya menjadi tujuan wisata dan pengembangan oleh masyarakat beserta peserta PYVC II. Desa ini juga memiliki potensi alam perkebunan, yaitu kebun apel, kebun kopi arabika, dan yang paling menarik adalah sudah diolahnya kulit kopi untuk menjadi teh, yang disebut dengan teh-kopi cascara, yang diketahui banyak manfaatnya bagi kesehatan

Selain itu, peserta PYVC II bersama masyarakat sekitar juga akan diajak untuk menikmati budaya Tari Topeng, yang ditampilkan oleh siswa-siswi sekolah dasar di desa ini. Selain menikmati, peserta juga akan belajar menari Tari Topeng secara langsung dari siswa-siswi tersebut.

Dalam hal pengembangan potensi yang desa miliki tersebut, peserta PYVC II akan berdiskusi dan belajar bersama tokoh-tokoh desa yang paham betul seluk beluk pengelolaan potensi desa, yaitu Pak Heri (Babinsa) dan Pak Ta’im (Pokdarwis).

Kemudian, setelah berdiskusi, peserta PYVC II diajak untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut, dengan cara membuat “legenda desa” dan poster publikasi. Pembuatan legenda desa ini didasarkan pada data yang dihimpun melalui metode transect walk oleh peserta selama kegiatan PYVC II.

Legenda desa ini berisi informasi mengenai titik-titik strategis milik desa, yang meliputi fasilitas umum, lokasi perkebunan, lokasi wisata alam, dan lokasi pengembangan budaya. Legenda ini nantinya akan dipasang di lokasi strategis di desa, sehingga setiap wisatawan dapat segera mendapat informasi mengenai lokasi pilihan untuk dikunjungi.

Kemudian untuk poster publikasi ini bertujuan untuk menyebarkan informasi potensi desa seluas mungkin, sehingga, pada ujungnya, potensi yang dimiliki desa berkembang dan menjadi salah satu penggerak kemandirian ekonomi masyakarat.

Untuk diketahui, peserta PYVC II ini adalah mahasiswa dan pemuda umum, yang pendaftarannya akan dibuka pada 7 April 2018 ini.

/ Uncategorized

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish