Aktivis Peneleh Blitar Sukses Adakan Bedah Buku Syarah Sejarah HOS Tjokroaminoto

WhatsApp Image 2020-01-18 at 13.06.29

Aktivis Peneleh Blitar Sukses Adakan Bedah Buku Syarah Sejarah HOS Tjokroaminoto

Rumahpeneleh.or.id, Blitar– Sabtu (18/1/2020), Aktivis Peneleh Regional Blitar baru saja mengadakan Bedah Buku Syarah Sejarah Pemikiran H.O.S. Tjokroaminoto di Ruang Audio Visual Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Acara ini dihadiri kurang lebih 100 pemudia dari berbagai elemen aktivis se Blitar, di antaranya PMII, HMI, dan beberapa komubitas literasi yang ada di Blitar.

Setelah sambutan yang disampaikan oleh Ketua Regional Aktivis Peneleh Blitar dan pustakawan Perpustakaan Bung karno, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti, yang dimoderatori oleh Ahmad Fahrizal Aziz dari Muara Baca.

Bedah buku ini dihadiri langsung oleh 4 penulisnya. Dibuka oleh Hendra Jaya yang memaparkan latar belakang H.O.S. Tjokroaminoto mulai masa kecilnya hingga terbentuknya Muslem Nationaal Onderwijs. Pemaparan bab dalam buku tersebut dilanjutkan oleh Ahmad Fauzi tentang Islam dan Sosialisme.

Selanjutnya, Ibnu Syifa yang menjelaskan tentang Memeriksai Alam Kebenaran. Penjelasan yang begitu menghayati hingga ruang bedah buku terasa sangat emosional.

Bagian terakhir dibedah oleh Iskandar Eka Asmuni tentang Tafsir Program Asas dan Program Tandhim. Ia menerangkan bahwa buku Syarah Sejarah Pemikiran H.O.S Tjokroaminoto ini dibuat karena ingin mempelajari latar belakang pemikiran beliau itu muncul dan ditulis.

Seluruh pemateri mampu menghidupkan kegiatan bedah buku ini. Hingga gelak tawa pun pecah ketika pemateri menyampaikan bab-bab dalam buku Syarah Sejarah Pemikiran H.O.S. Tjokroaminoto.

Tiba sesi tanya jawab. Pertanyaan-pertanyaan yang menarik dilontarkan para audiens kepada pembedah buku. Hal itu menunjukkan antusiasme mereka sangat tinggi. Bedah buku berakhir dengan sesi penyerahan sertifikat dari panitia kepada pemateri dan foto dengan seluruh audiens.
________________________________
Kata Buya Hamka

“Pak Tjokro itu artinja Cermin-auto, karena sangat terang otaknya laksana cermin auto…”

“Segala perhatian manusia terpaut kediri beliau seorang, suaranya membahana matanya berapi laksana serigala…”

/ Bedah Buku Aktivis Peneleh

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish