Aji Dedi Mendobrak Paradigma Akuntansi di UPN Veteran Jawa Timur

2016-09-02 10.45.33

Aji Dedi Mendobrak Paradigma Akuntansi di UPN Veteran Jawa Timur

2016-09-02 10.45.33

RumahPeneleh.or.id, Surabaya – Peneleh Research Institute hari ini (02/09) diundang Fakultas Ekonomi & Bisnis UPN Veteran Surabaya. Di hadapan dosen-dosen yang hadir, Peneleh Research Institute memberikan workshop tentang Metode Penelitian Kualitatif Akuntansi.

Pada sesi pertama Dr. Aji Dedi Mulawarman, dosen paskasarjana Universitas Brawijaya mengemukakan materi berjudul “Pendekatan Paradigmatik Metodologi Penelitian” sebagai pengantar harus berangkat dari mana penelitian kualitatif itu, khususnya dalam dunia Ekonomi dan Akuntansi.

Untuk memberikan gambaran bagaimana kualitatif itu, Aji Dedi memberi ilustrasi pandangannya tentang kebijakan Tax Amnesty yang sedang menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini.

“Tax Amnesty melanggar hak masyarakat secara umum, karena negara lebih mengedepankan pembangunan infrastruktur fisik dan memperbesar nilai investasi,” kata Aji Dedi.

“Tujuan negara memang untuk pertumbuhan ekonomi, tapi kesalahannya tidak membangun nilai karakter. Bahkan Saya berani menyatakan bahwa kebijakan itu merupakan bentuk neoliberalisme,” tambah Aji Dedi yang juga Ketua Yayasan Rumah Peneleh.

Pernyataan itu untuk membuka paradigma baru bagaimana penelitian kualitatif itu. Aji Dedi juga menyatakan bahwa penelitian kuantitatif bersifat positivistik dan memandang manusia punya sisi egois, sedangkan kualitatif memandang bahwa manusia memiliki fitrah keberpihakan pada kebaikan.

Masih menurut akademisi yang dikenal nyentrik ini, keunggulan penelitian kualitatif adalah lebih subyektif tapi valid, berbeda dengan kuantitatif yang berdasar kuisioner. Pada kualitatif pendekatannya bersifat personal, kongkrit, dan detail sehingga mampu menangkap realitas sesungguhnya.

Dr. Hero Priono, SE., MSi., Ak., CA. Kaprodi Akuntansi UPN Veteran Jawa Timur dalam sambutannya menyatakan, “Aji Dedi mendongkrak tatanan sistem Akuntansi konservatif, dan ini penting untuk perkembangan ilmu Akuntansi.”

Pada sesi kedua siang nanti, Dr. Ari Kamayanti sebagai Direktur Eksekutif Peneleh Research Institute akan memberikan materi pendalaman tentang metode penelitian kualitatif.

Peneleh Research Institute mengembangkan riset evolutif yang merubah paradigma mainstream di masyarakat dengan membangun kesadaran. Pada bulan Oktober nanti Peneleh Research Institute akan menggelar workshop serupa di Surabaya yang terbuka untuk umum.

Info seputar Peneleh Research Institute dan jadwal workshop dapat menghubungi Amelia di nomor 085655528189.[]

Lanjutan 2

/ Berita / Tags:

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish