1 Abad Zelfbestuur 1916-2016, Rumah Peneleh Adakan Refleksi di Sejumlah Daerah

zelfbestuur

1 Abad Zelfbestuur 1916-2016, Rumah Peneleh Adakan Refleksi di Sejumlah Daerah

zelfbestuur

RumahPeneleh.or.id, Malang – Pada Kongres Nasional Pertama Central Sarekat Islam di Bandung 17 Juni 1916, H.O.S. Tjokroaminoto berkata dengan lantang di podium:

“Tidaklah wajar untuk melihat Indonesia sebagai sapi perahan yang disebabkan hanya karena susu. Tidaklah pada tempatnya untuk menganggap negeri ini sebagai suatu tempat di mana orang-orang datang dengan maksud mengambil hasilnya, dan pada saat ini tidaklah lagi dapat dipertanggungjawabkan bahwa penduduknya adalah penduduk pribumi, tidak mempunyai hak untuk berpartisipasi di dalam masalah-masalah politik, yang menyangkut nasibnya sendiri… tidak bisa lagi terjadi bahwa seseorang mengeluarkan undang-undang dan peraturan untuk kita, mengatur hidup kita tanpa partisipasi kita.”

Dari sinilah untuk pertama kalinya Tjokroaminoto mengeluarkan pernyataan bahwa negeri harus memiliki pemerintahan sendiri, “Tidak mengharapkan sesuatu golongan rakyat berkuasa di atas golongan rakyat yang lain. Ia lebih mengharapkan hancurnya kuasanya satu kapitalisme yang jahat (zonding kapitalism), dan memperjuangkan agar tambah pengaruhnya segala rakyat dan golongan rakyat… Di atas jalannya pemerintahan dan kuasanya pemerintah yang perlu akhirnya mendapat kuasa pemerintah sendiri (zelfbestuur).”

Untuk memperingati lahirnya pernyataan memproklamirkan negara yang berdaulat seperti yang digagas Jang Oetama Tjokroaminoto, Rumah Peneleh akan menggelar sejumlah refleksi di berbagai daerah di Indonesia.

“Setidaknya lebih dari lima kota sudah mengkonfirmasi untuk menggelar agenda secara serentak dalam peringatan satu abad sekali ini,” kata Azwar Muhammad Wakil Ketua Yayasan Rumah Peneleh.

Beberapa kota yang menggelar agenda serempak di tanggal 17 Juni nanti antara lain:

  • Jakarta yang akan menggelar Refleksi Kebangsaan di Sekretariat Peneleh News jam 16:00 WIB;
  • Malang jam 20:30 WIB di Sekretariat Rumah Peneleh;
  • Palu menggelar Buka Bersama Yatim jam 17:00 WIB;
  • Tual, Maluku akan membedah film H.O.S. Tjokroaminoto dan Buka Bersama pukul 15:30 WIB;
  • Mataram jam 16:00 WIB Diskusi Kebangsaan di Gedung KNPI;
  • Kendari jam 16:00 WIB juga menggelar Diskusi dan Refleksi Kebangsaan di Universitas Halu Oleo;
  • Gorontalo akan menggelar Pengajian dan Haul Tjokroaminoto;
  • Bangkalan, Madura pukul 15:00 WIB di Taman Kampus Universitas Trunojoyo Madura dengan agenda Diskusi Umum Lintas Organisasi dan Buka Bersama

Sementara di Rumah H.O.S. Tjokroaminoto di Jalan Peneleh VII/29-31 Surabaya, Yayasan Rumah Peneleh akan menggelar Refleksi Kebangsaan 1 Abad Zelfbestuur yang digelar hari Kamis, 16 Juni 2016 pukul 20:30 WIB.

Semua agenda ini terbuka untuk umum dan gratis. Masing-masing agenda digelar secara gotong royong atas kesadaran para Pegiat Rumah Peneleh, Pengurus serta Aktivis Peneleh di daerah-daerah.[]

ilham-salle-aktivis-peneleh-dosen-akuntansi-makassar

Simak infonya melalui Instagram, Twitter dan Facebook dengan official hashtag #ZELFBESTUUR

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish